mogok nasional

aksi mogok nasional

Home » Article » Mogok Nasional (MONAS)
formats

Mogok Nasional (MONAS)

Aksi Mogok Nasional

Mogok Nasional (MONAS)

Aksi mogok nasional (MONAS) yang di organisir oleh MPBI (Majelis Pekerja Buruh Indonesia) akan dilakukan pada tanggal 3 Okt 2012 dimulai pagi hari di lebih dari 21 Kabupaten/Kota padat industri dengan peserta mogok lebih dari 2 juta buruh, aksi ini dalam bentuk mogok kerja/hentikan produksi di lokasi perusahaan dan kawasan industri atau daerah padat industri diluar kawasan, dengan tuntutan Hapus Outsourcing Tolak Upah Murah (HOSTUM) dan jalankan jaminan kesehatan untuk seluruh Rakyat tanpa terkecuali pada 2014 bukan 2019 dengan iuran jamkes buruh tetap dibayar pengusaha seperti sekarang (KAJS)
Aksi mogok nasional (MONAS) ini akan digelar serentak di Jakarta, Jawa Barat (Bekasi, Bogor, Depok, Karawang, Purwakarta, Sukabumi, Cimahi, Bandung), Banten (Tangerang, Cilegon, Serang), Jawa Tengah (Semarang), Jawa Timur (Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Gresik), Kepulauan Riau (Batam, Karimun), Sumatera Utara (Medan, Deli), Sulawesi Selatan (Makassar),dan Sulawesi Utara (Bitung).
Di luar daerah tersebut, buruh juga akan berunjuk rasa di DPRD setempat, seperti di Aceh, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Papua.
Mengapa aksi mogok nasional (MONAS) ini harus dilakukan? Sebagaimana yang dinyatakan oleh Presiden FSPMI yang sekaligus Presiden KSPI, Said Iqbal, aksi ini untuk: “unjuk `kekuatan` karena upaya yang dilakukan oleh buruh tidak menunjukkan hasil yang baik. Stop negosiasi dan berunding. Artinya, negosiasi dan perundingan yang dilakukan saat ini tidak efektif. (Antaranews, 16 Agustus 2012)
Sebagaimana dikutip oleh Antaranews, Iqbal mengaku, kaum buruh sudah merasa capek dan lelah dengan upaya yang dilakukan buruh selama ini. “Kami capek melobi ke Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Perekonomian, APINDO dan DPR. Sekarang tinggal aksinya saja, yakni aksi turun ke jalan,” ucapnya.
Perlu ditegaskan kembali, bahwa aksi mogok nasional (MONAS) ini bukanlah tujuan. Ini terjadi karena negosiasi sudah mandeg. Sebelum pada keputusan untuk melakukan aksi, sudah terlebih dahulu dibuat konsep dan dilakukan loby. Akan tetapi aspirasi kaum buruh yang kerap disampaikan melalui dialog dan loby tidak memberikan hasil yang memuaskan. Dan karena juga tidak ada tanggapan yang memadai, kini sampailah pada tahap selanjutnya: ”AKSI”.
Presidium Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) Said Iqbal yang juga Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) berharap, dengan aksi tersebut pemerintah dan pengusaha dapat memenuhi tuntutan buruh.

Incoming search terms:

  • mogok nasional
  • aksi monas
  • monas mogok nasional
  • aksi monas buruh
  • monas buruh
  • aksi mogok nasional
  • mogok nasional/
  • mogok nasional 2013
  • mogok nasional 2011
  • serikat pekerja metal indonesia di sulawesi utara
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

© PUK SPL - FSPMI PT.BEKAERT INDONESIA
credit
MUST READ...!!!close